Kamis, 20 September 2018

Macam-macam Jenis Prosesor Intel

Intel merupakan perusahaan pendisain dan perakit prosesor berjenis intruksi komplek yang telah ada sejak tahun 1960'an dimulai dari produk RAM Statis yang kemudian diikuti pembuatan microprocessor lalu generasi Pentium hingga CPU Intel seri terbaru yang menggunakan istilah Core.

Processor/CPU dibuat berdasarkan kompatibilitas chipset dan socket motherboard yang dimiliki, dimana generasi pembuatannya seiring dengan perkembangan teknologi perangkat dan penggunaan komputer yang turut berkembang untuk berbagai kebutuhan (contohnya gaming) dan pasar (misalnya komputer PC, komputer desktop, laptop, komputer server serta komputer workstation).

Macam-macam Jenis Processor Intel


Intel® Core™
Intel Core adalah lini mid-to-high end consumer, workstation, dan enthusiast central processing units (CPU) yang dipasarkan oleh Intel Corporation. Prosesor ini menggantikan prosesor Pentium mid-to-high yang ada saat itu, dan memindahkan seri prosesor Celeron ke low end. Versi prosesor Core yang identik atau lebih berkemampuan juga dijual sebagai prosesor Xeon untuk server dan pasar workstation.

Pada Juni 2017, jajaran prosesor Core termasuk Intel Core i9, Intel Core i7, Intel Core i5, dan Intel Core i3, bersama dengan Y-Series Intel Core CPU.

Pada awal 2018, laporan berita menunjukkan bahwa kelemahan keamanan, yang disebut sebagai "Meltdown" dan "Specter", ditemukan "di hampir semua prosesor Intel dibuat dalam dua dekade terakhir yang akan membutuhkan perbaikan dalam Windows, macOS dan Linux". Cacat ini juga mempengaruhi server cloud. Pada saat itu, Intel tidak mengomentari masalah ini. Menurut laporan New York Times, "Tidak ada perbaikan yang mudah untuk Spectre ... seperti untuk Meltdown, patch perangkat lunak yang diperlukan untuk memperbaiki masalah ini dapat memperlambat komputer sebanyak 30 persen".

Pada pertengahan 2018, sebagian besar prosesor Intel Core ditemukan memiliki cacat (kerentanan Foreshadow), yang meruntuhkan fitur Ekstensi Pengaman Perangkat Lunak (SGX) dari prosesor. Berikut prosesor seri Intel® Core™

Intel® Core™ M
Intel® Core™ i7 Extreme
Intel® Core™ i7 Generasi ke-7
Intel® Core™ i5 Generasi ke-7
Intel® Core™ i3 Generasi ke-7
Intel® Core™ vPro™ Generasi ke-6

Intel® Xeon®
Xeon (/ ˈziːɒn / ZEE-on) adalah merek mikroprosesor x86 yang dirancang, diproduksi, dan dipasarkan oleh Intel, yang ditargetkan di pasar non-konsumen, server, dan pasar sistem tertanam. Diperkenalkan pada bulan Juni 1998. Prosesor Xeon didasarkan pada arsitektur yang sama seperti CPU desktop biasa, tetapi memiliki beberapa fitur lanjutan seperti dukungan untuk memori RAM ECC, jumlah inti yang lebih tinggi, dukungan untuk jumlah RAM yang lebih besar, memori cache yang lebih besar dan tambahan ketentuan untuk keandalan kelas, ketersediaan dan fitur layanan yang bertanggung jawab untuk menangani pengecualian perangkat keras melalui Arsitektur Pemeriksaan Mesin. Prosesor Intel XEON mampu dengan aman melanjutkan eksekusi di mana prosesor normal tidak, karena fitur RAS ekstra ini, tergantung pada jenis dan tingkat keparahan dari Pengecekan Pemeriksaan Mesin. Beberapa prosesor Xeon juga mendukung sistem multi-socket dengan 2, 4, atau 8 soket melalui penggunaan Quick Path Interconnect pada motherboard tertentu.

Beberapa kekurangan yang membuat prosesor Xeon ialah bahwa ia tidak cocok untuk kebanyakan PC desktop kelas konsumen karena jumlah clock yang lebih rendah pada titik harga yang sama (ini dikarenakan prosesor server menjalankan lebih banyak tugas secara paralel daripada desktop kelas konsumen, sehingga jumlah inti lebih penting daripada jumlah clock), Xeon biasanya tidak ada GPU terintegrasi, dan kurangnya dukungan untuk overclocking. Meskipun kerugian tersebut, prosesor Xeon selalu memiliki popularitas di kalangan pengguna desktop (terutama gamer, dan pengguna ekstrim), terutama karena potensi jumlah inti yang lebih tinggi, dan rasio harga terhadap kinerja yang lebih rendah vs. Core i7 dalam hal total daya komputasi dari semua inti. Sebagian besar CPU Intel Xeon tidak memiliki GPU terintegrasi; sistem yang dibangun dengan prosesor tersebut memerlukan kartu grafis diskret atau GPU terpisah jika output monitor komputer diinginkan.

Intel Xeon berbeda dengan Intel Xeon Phi. Generasi pertama Xeon Phi adalah jenis perangkat yang sangat berbeda dibandingkan dengan kartu grafis; Xeon Phi dirancang untuk slot PCI Express dan dimaksudkan untuk digunakan sebagai koprosesor multi-core, seperti Nvidia Tesla. Namun pada generasi kedua, Xeon Phi berevolusi menjadi prosesor utama yang lebih mirip dengan Xeon. Ini sesuai dengan soket yang sama dengan prosesor Xeon dan kompatibel dengan x86; Namun, dibandingkan dengan Xeon, titik desain Xeon Phi menekankan lebih banyak inti dengan bandwidth memori yang lebih tinggi.

Rangkaian Intel® Xeon® E7
Rangkaian Intel® Xeon® E5
Rangkaian Intel® Xeon® E3
Intel® Xeon Phi™
Intel® Xeon® D

Intel® Atom™
Intel Atom adalah nama merek untuk lini mikroprosesor IA-32 dan x86-64 ultra-rendah oleh Intel Corporation. Atom terutama digunakan dalam netbook, nettop, aplikasi tertanam mulai dari perawatan kesehatan hingga robotika canggih, dan perangkat Internet seluler (MID). Garis ini awalnya dirancang di 45 nm pelengkap logam-oksida-semikonduktor (CMOS) teknologi dan model-model berikutnya, codename Cedar, menggunakan proses 32 nm. Dan varian Intel atom biasanya datang menyatu dengan mianboard, bukan socket.

Prosesor Atom generasi pertama didasarkan pada arsitektur mikro Bonnell. Pada 21 Desember 2009, Intel mengumumkan platform Pine Trail, termasuk kode prosesor Atom baru bernama Pineview (Atom N450), dengan total konsumsi listrik kit turun 20%. Pada 28 Desember 2011, Intel memperbarui jalur Atom dengan prosesor Cedar.

Pada bulan Desember 2012, Intel meluncurkan keluarga CPU Atom Centerton 64-bit, yang dirancang khusus untuk digunakan dalam server. Centerton menambahkan fitur yang sebelumnya tidak tersedia dalam prosesor Atom, seperti teknologi virtualisasi Intel VT dan dukungan untuk memori ECC. Pada 4 September 2013, Intel meluncurkan 22 nm pengganti Centerton, dengan nama kode Avoton.

Pada tahun 2012, Intel mengumumkan sistem baru pada platform chip (SoC) yang dirancang untuk smartphone dan tablet yang akan menggunakan garis CPU Atom. Ini merupakan kelanjutan dari kemitraan yang diumumkan oleh Intel dan Google pada 13 September 2011 untuk memberikan dukungan untuk sistem operasi Android pada prosesor Intel x86. Jangkauan ini bersaing dengan SoC yang ada yang dikembangkan untuk pasar smartphone dan tablet dari perusahaan seperti Texas Instruments, Nvidia, Qualcomm, dan Samsung.

Pada 29 April 2016, Intel mengumumkan keputusan untuk membatalkan Broxton SoC untuk Ponsel Cerdas dan Tablet. Broxton akan menggunakan mikroarsitektur Atom terbaru (Goldmont pada 14 nm node) dalam kombinasi dengan modem Intel. Apollo Lake, mengumumkan awal bulan yang sama untuk PC entri berbiaya rendah, akan terus menggunakan inti Atom.

Pentium®
Pentium adalah merek yang digunakan untuk serangkaian mikroprosesor yang kompatibel dengan arsitektur x86 yang diproduksi oleh Intel sejak 1993. Sejak November 2011, prosesor Pentium dianggap sebagai produk entry-level yang disebut Intel sebagai "antara dua bintang", yang berarti bahwa mereka berada di atas seri Atom dan Celeron low-end, tetapi di bawah seri Core i3, i5, i7, i9, dan high-end Xeon yang lebih cepat.

Pada 2017, prosesor Pentium sedikit berbeda djika dibandingkan dengan Pentium sebelumnya diera 2000 an, yang merupakan prosesor andalan Intel selama lebih dari satu dekade hingga diperkenalkannya garis Intel Core pada tahun 2006. Pentium saat ini didasarkan pada kombinasi antara dua arsitektur yang digunakan dalam Atom dan Core. Dalam kasus arsitektur Atom, Pentium merupakan implementasi kinerja tertinggi dari arsitektur Atom. Prosesor Pentium dengan arsitektur Core sebelum tahun 2017 dibedakan dari prosesor i-series yang lebih cepat dan lebih tinggi dengan tingkat clock yang lebih rendah dan menonaktifkan beberapa fitur, seperti tidak adanya fitur hyper-threading, virtualisasi, dan terkadang tanpa cache L3.

Nama Pentium awalnya berasal dari kata Yunani penta (πεντα), yang berarti "lima", referensi ke konvensi penamaan numerik sebelumnya dari prosesor Intel 80x86 (8086–80486), dengan Latin berakhir -ium.

Pada tahun 2017, Intel membagi Pentium menjadi dua line-up, Pentium Silver yang bertujuan untuk perangkat berdaya rendah seperti laptop, netbook dan notebook dan berbagi dengan arsitektur Atom dan Celeron. Lalu Pentium Gold yang bertujuan untuk desktop entry-level dan menggunakan arsitektur yang ada pada seri core, seperti Kaby Lake atau Coffee Lake.

Celeron®
Celeron adalah nama merek yang diberikan oleh Intel kepada sejumlah model mikroprosesor komputer low-end IA-32 dan x86-64 yang ditargetkan pada komputer pribadi berbiaya rendah.

Prosesor Celeron kompatibel dengan program komputer IA-32, tetapi kinerjanya biasanya jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan CPU serupa dengan merek CPU Intel dengan harga lebih tinggi. Misalnya, merek Celeron sering kali memiliki memori cache yang lebih sedikit, atau memiliki fitur-fitur canggih yang sengaja dinonaktifkan. Fitur-fitur yang hilang ini dapat memiliki dampak variabel terhadap kinerja, tetapi seringkali sangat penting. Sementara beberapa desain Celeron telah mencapai kinerja yang mengejutkan, sebagian besar garis Celeron telah menunjukkan kinerja yang jelas terdegradasi. Ini telah menjadi pembenaran utama untuk biaya yang lebih tinggi dari merek CPU Intel lain versus kisaran Celeron.

Diperkenalkan pada bulan April 1998, CPU bermerek Celeron pertama didasarkan pada Pentium II dengan beberapa fitur yang dihilangkan. CPU bermerek Celeron berikutnya didasarkan pada Pentium III, Pentium 4, Pentium M, dan Intel Core dengan beberapa fitur yang dihilangkan. Desain Celeron terbaru (per Januari 2017) didasarkan pada generasi ketujuh seri Core i3 / i5 / i7 (Kaby Lake). Desain ini memiliki inti pemrosesan independen (CPU), tetapi dengan hanya 66% banyak memori cache sebagai penawaran Core i3 yang sebanding.

Itanium®
Itanium (/ aɪˈteɪniəm / eye-TAY-nee-əm) adalah keluarga mikroprosesor 64-bit Intel yang mengimplementasikan arsitektur Intel Itanium (sebelumnya disebut IA-64). Intel memasarkan prosesor untuk server perusahaan dan sistem komputasi kinerja tinggi. Arsitektur Itanium berasal dari Hewlett-Packard (HP), dan kemudian dikembangkan bersama oleh HP dan Intel.

Sistem berbasis Itanium telah diproduksi oleh HP (HP Integrity Servers line) dan beberapa produsen lainnya. Pada tahun 2008, Itanium merupakan arsitektur mikroprosesor keempat yang paling banyak digunakan untuk sistem kelas perusahaan, di belakang x86-64, Arsitektur Daya, dan SPARC.

Pada bulan Februari 2017, Intel merilis generasi sekarang, Kittson, untuk menguji pelanggan, dan pada Mei mulai mengirimkan dalam volume. Ini adalah prosesor terakhir dari keluarga Itanium. 

Disqus Comments